Kesalahan yang Sering Dilakukan Orangtua Anak Autis

Senin

Anak autis memiliki kepekaan yang berlebih pada inderanya. Suara-suara bising, cahaya terang atau terkadang hanya sentuhan biasa saja bisa membuat anak autis takut atau justru marah.

Tak heran jika banyak ditemui kasus anak autis mudah rewel dan terlihat hiperaktif, itu karena mereka mudah terganggu oleh hal-hal yang menurut mereka tidak nyaman.
Ketika menjelang remaja, kepekaan ini juga semakin meningkat. Perubahan hormon yang dialami juga bisa menimbulkan gangguan jika tidak ditangani dengan baik.

"Pada penderita spektrum autis yang disebut sindrom Asperger, perubahan hormonnya 5 kali lebih cepat dibanding remaja non autis. Dorongan seksnya juga lebih besar, namun mereka tahu hal itu tidak boleh sembarang dilakukan. Akhirnya mereka menjadi sakit perut, sering pusing dan meningkat kecemasannya," kata dr Adriana S. Giananjar, M.S., psikolog sekaligus pendiri sekolah khusus anak autis 'Mandiga' dan dosen psikologi di Universitas Indonesia dalam acara Cares for Autism yang diselenggarakan London School of Public Relation di Taman Menteng, Jakarta, Sabtu (14/4/2012).

Orangtua tentu sangat sayang kepada anaknya dan mau melakukan apapun agar anaknya dapat tumbuh dengan baik. Namun terkadang orangtua salah memahami dan menangani anak autis.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orangtua anak autis dalam menangani anaknya:

1. Selalu mengikuti kemauan anak agar tidak marah

Hal ini akan membuat anak menjadi semakin menuntut sebab keinginan anak akan semakin meningkat. Sebaiknya jelaskan kepada anak mengapa tidak terkadang keinginannya tidak boleh dipenuhi.

2. Sering tidak menepati janji tanpa penjelasan sebelumnya

Anak autis sangat tergantung pada rutinitas yang terstruktur. Jadi orangtua harus menjelaskan mengapa tidak bisa menepati janji.

Jika sering melanggar janji tanpa alasan yang jelas sebelumnya, anak autis bisa menjadi tantrum atau rewel dan tak lagi percaya orangtanya.

3. Tidak membolehkan sama sekali tingkah laku stimulasi anak

Anak autis memiliki kepekaan indera, baik penglihatan, pendengaran, pengecapan, perabaan dan pembauan. Tapi bukan berarti anak autis harus dihindarkan dari hal-hal yang mengganggu.

Terkadang anak perlu diajak ke tempat-tempat yang ramai seperti mall atau pusat perbelanjaan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksinya.

4. Menanyai anak autis dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan
Seringkali anak autis merasa kesal dengan tiba-tiba. Apabila hal ini terjadi, jangan ganggu anak dengan pertanyaan-pertanyaan yang justru membuatnya marah. Biarkan saja sampai moodnya membaik lagi baru kemudian diajak berkomunikasi.

Sedangkan untuk membantu perkembangan anak autis, dr Adriana juga memberikan tips-tips sebagai berikut:
1. Sediakan kamar tidur khusus, jangan dibiasakan tidur bersama orangtua
2. Latih kemandiriannya dengan melakukan kebutuhan sehari-hari tanpa dibantu
3. Mengubah penampilan sesuai perkembangan usianya, asal dalam batas anak masih merasa nyaman
4. Hargai keinginan anak, sebab mungkin dari situ bisa diketahui minat dan bakat anak
5. Bantu anak untuk berteman, namun beri waktu untuk dirinya sendiri
6. Jelaskan tentang pendidikan seks apabila sudah mencapai usia puber.

Sumber : health.detik.com
Dispoting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia
READ MORE - Kesalahan yang Sering Dilakukan Orangtua Anak Autis

Siswa Kerjakan Ujian dengan Kaki

Selasa

Siswa Kelas XII IPS SMA Semen Gresik, M Amanatullah mengerjakan ujian nasional dengan kakinya. Aam begitu ia biasa disapa memiliki keterbatasan fisik tanpa lengan sejak lahir. Namun, ia dikenal percaya diri.

Selain prestasi akademik bagus yakni masuk 10 besar ia dikenal pandai melukis dengan kaki. Ia juga suka main bola. Dua lukisannya pernah diberikan kepada Bupati Gresik, Robbach Ma'sum dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Aam sangat percaya diri dan tidak minder berkat motivasi dari ayahnya Ali Antono dan Nasifah. Setiap ke sekolah ia diantarkan ayahnya, atau kakaknya Slamet. Untuk makan ia biasanya disuapi sang ibu.

Kondisi Aam tidak menyurutkan semangatnya untuk belajar. Ia bahkan berencana melanjutkan kuliah jurusan Senirupa Universitas Negeri Surabaya atau desain grafis Universitas Muhammadiyah Gresik. "Doanya ya Mas," katanya sebelum masuk ruang ujian.

Sumber : kompas.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
READ MORE - Siswa Kerjakan Ujian dengan Kaki

TIPS SUKSES UN 2012 UJIAN NASIONAL SMA, SMU, SMK LULUS 100%

Senin

Oleh Susanto Edy P., BLI – Buzan Licensed Instructor, Master Trainer Supermap Fast Learning

Mind Mapping Learning Center @2012



UN atau Ujian Nasional memang masih menjadi sosok yang menakutkan bagi kebayakan siswa. Tetapi hal itu tidak bisa dihindari dan harus dilewati. Ibarat kita ingin pergi ke suatu tempat yang jalannya dipenuhi dengan hutan ilalang. PETA dan KOMPAS serta PERSIAPAN BEKAL tentu menjadi hal yang wajib untuk dipersiapkan.

Kelulusan dalam ujian tidak hanya ditentukan kesiapan dan kesigapan kita menjawab soal-soal ujian dalam waktu 120 menit. Butuh waktu dan persiapan mantap untuk dapat lulus dengan hasil terbaik.

Berikut Tip Sukses UN ujian Nasional untuk SMA/SMU/SMK agar sukses dan Lulus 100%:

Bicara dengan Guru dan Orang Tua, mintalah saran dan arahan. Mintalah Pembimbing atau Mentor. Mintalah Guru Privat atau Orang Tua atau Kakak atau siapa saja yang sekiranya mampu membimbing dan mengarahkan.
Buatlah Persiapan yang terencana dan tertulis. Tuliskan dalam Rencana Persiapan itu al.: Pelajaran yg UN dan Target Nilai, Waktu yang dipakai untuk Belajar dan mengerjakan Soal, Waktu istirahat dan bermain, dll.  
Contoh : Atur intensifikasi belajar seiring dengan mendekatnya waktu ujian, seperti berikut :
PASTIKAN KAMU SUDAH MEMBUAT MIND MAPPING UNTUK SETIAP BAB SETIAP PELAJARAN.
Hari Sebelum Ujian
s/d
Pelajari Mind Map® yang sudah dibuat
Buat Mind Map® yang belum dibuat
Pelajari Mind Map® bagian penting
Latihan soal
Persiapan mental
H – 5
50 %
25 %
25 %


H – 4

25 %
25 %
50 %

H – 3

15 %
35 %
50 %

H – 2

10 %
10 %
80 %

H – 1
10 %


80 %
10 %

1.       Ikuti Try Out yang diadakan sekolahmu atau lembaga bimbingan belajar. Kerjakan soal-soal tersebut dengan baik sesuai kemampuanmu, karena dari situ kamu akan tahu mana yang masih menjadi kekuranganmu.
2.       Miliki panduan materi, soal-soal UN tahun sebelumnya, dan prediksi soal beserta pembahasannya.
3.       Berlatihlah menyelesaikan soal-soal UN atau soal prediksi UN dan periksa sendiri atau minta bantuan mentor jawaban kamu dengan mencocokkan kunci jawaban yang biasa tersedia. Serta  pembahasan terutama soal soal yang belum kamu kuasai.
4.       Mind Mapping dan Memo Brain. Belajarlah dengan alat ringkas Mind Mapping dan Memo Brain (Super Memory)
5.       Berdoa kepada Allah SWT. Mintalah dengan sungguh sungguh, pasti DIA akan memberi.
6.       Pada saat mengerjakan Ujian, tenangkan dirimu dan percaya diri, merupakan modal yang sangat baik.
7.       Hindari dari mencari cari jawaban BOCORAN dan CONTEKAN. Ini penting, karena banyak kasus Siswa yang mengandalkan bocoran, ternyata nilai UN nya jeblok/jelek.
8.       Selesai mengerjakan UN Bersyukur dan Berdoa. PAsti Sukses. LULUS 100% dengan NILAI terbaik.

SELAMAT MENEMPUH UN UJIAN NASIONAL adik adik SMU, SMA. Kakak doakan semua akan LULUS 100% dengan Nilai Terbaik! Amien.
Untuk pelatihan di Indonesia
Silahkan hubungi Supermap Mind Map Learning Center
tlp. 021 5388563

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYKYqHdN7zfe7KPJHZIn_5H5IAfmpDsRUwLRlio2wp-jsmn22Lak03OIfJkUORcCckgkWXJxp7vbTU_affx7b0kfFp_oldDxNO2AzMDjilUqIUzMQgWf2gK9fcZlen9aHo8qiB7bQBKozA/s1600/50290_179017345678_7868847_n.jpg 
READ MORE - TIPS SUKSES UN 2012 UJIAN NASIONAL SMA, SMU, SMK LULUS 100%

Mencetak Pemimpin Bernurani dari Sekolah

Rabu

Agar sukses menjadi pribadi yang efektif di masa datang, setiap anak seharusnya tidak hanya mampu menguasasi keterampilan dasar seperti membaca, memahami ilmu pengetahuan atau matematika saja, tetapi juga perlu menguasai keterampilan dalam berinteraksi sosial dan selalu memperbaiki kemampuan dirinya.

Tugas mengajarkan kemampuan tersebut tentu tidak bisa dibilang mudah. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui program The Leader in Me (TLIM), yakni program berlisensi FranklinCovey yang menanamkan kepemimpinan di seluruh aspek sekolah.
Program ini memberikan kesempatan tidak hanya kepada siswa, tetapi juga kepada guru, manajemen sekolah, hingga orang tua murid untuk memiliki karakter kepemimpinan melalui prinsip universal 7 habits. Yakni, be proactive, begin with the end in mind, put first things first, think win-win, seek first to understand-then to be understand, synergize, dan sharpen the saw.

Menurut Rasyid Izada, pembina Yayasan An-Nisaa, yang sudah menjalankan program TLIM di sekolahnya, program ini sangat menunjang ajaran 10 adab yang sudah lebih dulu ditanamkan di sekolahnya sejak jenjang TK hingga SMA.

Kesepuluh adab itu adalah damai, syukur, peduli, jujur, amanah, disiplin, kebersamaan, rendah hati, sabar, dan ikhlas. Akan tetapi,menurut Rasyid, 10 adab itu dinilainya masih belum sempurna. Setidaknya setelah ia mengenal program the leader in me.

"Setelah kami pelajari, program the leader in me ini baik digunakan sebagai penunjang 10 adab. Kami ingin mencetak true leadership yang berhati nurani. Karena pemimpin sekarang banyak yang tidak bernurani," ungkapnya di sela acara Leadership Day di Jakarta (3/4).

Sementara itu, ditemui terpisah, Executive Director PSKD Mandiri, Tya Adhitama mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, program the leader in me merupakan infrastruktur yang mendukung pembangunan karakter siswa di sekolah dengan tujuan mencetak pemimpin masa depan yang efektif.

Atas dasar keberhasilannya menerapkan program tersebut, PSKD Mandiri menjadi sekolah pertama di dunia (di luar Amerika Serikat) yang menjadi benchmark dalam penerapan program the leader in me.

"Tujuan kami ingin mencetak pemimpin yang memiliki karakter nasional. Pemimpin yang efektif bukan karena memiliki jabatan, tapi memiliki jiwa kepemimpinan dari dalam dirinya," pungkas Tya.

Penerapan program TLIM di sekolah antara lain berusaha menanamkan pola pikir pentingnya pembuatan perencanaan, penentuan skala prioritas, kerja sama, pentingnya mendengarkan orang lain sebelum kita berbicara, serta pentingnya memiliki kehidupan yang seimbang.

Salah satu kisah keberhasilan program TLIM di Amerika Serikat terjadi di AB Combs Leadership Magnet Elementary School, sebuah sekolah dasar negeri di Amerika. Bersama dengan staf sekolah, Muriel mengembangkan sekolah berbasis karakter kepemimpinan dengan menengali dan mengembangkan bakat unik yang dimiliki setiap siswa serta membangun kekuatan yang mereka miliki. Di bawah kepemimpinan Summers, dari tahun ke tahun sekolahnya berhasil meraih prestasi akademis di atas rata-rata.

Keberhasilan yang diraih sekolah tersebut juga mengantarkan A.B.Combs meraih berbagai penghargaan antara lain the Number One National Magnet School in America hingga the National Elementary School of the Year.

Sumber : kompas.com
Dipsoting kembali Supermap Mindmap Learning Center
READ MORE - Mencetak Pemimpin Bernurani dari Sekolah

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///