Bijak Atasi Pengaruh Buruk Media Televisi pada Anak

Senin

Berapa kali Anda mendengar anak Anda bernyanyi bersama untuk sebuah lagu populer di radio dan dengan polos mengikuti lirik yang ia dengar? Sekarang ini, Anda boleh percaya anak-anak sudah mengenal dan mengikuti apa yang mereka dengar dan lihat. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk membatasi pengaruh buruk dari hal ini?

Pesan yang tertanam dalam lirik lagu, bersama dengan citra video, dan pengaruh iklan memiliki dampak pada cara anak-anak berpikir tentang diri mereka sendiri dan hubungan mereka dengan orang lain. Tanpa harus memberikan larangan pada anak untuk mendengarkan musik full-on pop atau mengucilkannya dari media lain, Anda dapat membantu anak agar menyadari pesan media tersebut, seperti yang dilansir dari GalTime.

Jika anak Anda bernyanyi bersama dalam sebuah lagu catchy dengan lirik yang belum pas untuk anak-anak, gunakan kesempatan itu untuk mengajukan pertanyaan seperti:
-  Apa yang kamu sukai tentang lagunya?
-  Bagaimana perasaan kamu ketika mendengarkannya?
-  Lagu ini tentang apa?
-  Pernahkah kamu menonton video musik lagu ini?
-  Apakah alur cerita video ini cocok dengan liriknya?
-  Bagaimana perasaan kamu saat melihat video musiknya?
-  Bagaimana model/penari dalam video musik itu?

Pastikan untuk menyampaikan pertanyaan Anda dengan tulus bahwa Anda juga ingin tahu mengenai musik itu, sehingga anak tidak akan merasa seperti sedang Anda sebagai seorang interogator.

Tujuan dari pembicaraan itu bukan untuk menilai selera musik anak Anda. Sebaliknya, memintanya untuk mengevaluasi lirik dan gambar video musik yang dapat membantunya menjadi konsumen yang lebih tepat dan pemikir kritis mana yang lebih baik dia lihat, sehingga cara itu dapat menimbulkan kesadarannya terhadap pengaruh media yang mengelilinginya setiap hari.

Sumber : lifestyle.okezone.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///