Trik Simpel Agar Tetap Aktif Meski Seharian Duduk di Depan Komputer

Kamis

Kurangnya aktivitas fisik membuat seseorang rentan mengalami obesitas. Apalagi bagi pekerja kantoran yang menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer, mereka pun jadi jarang bergerak.

Nah, untuk mengakalinya, Anda tetap bisa aktif meski berada di kantor kok. Menurut dr Andi Kurniawan SpKO, setiap duduk selama 3 jam, usahakan untuk melakukan peregangan selama tiga menit. Caranya, angkat lengan ke atas semaksimal mungkin dengan menyatukan ruas jari kedua tangan.

"Ingat ya, kalau peregangan kita lakukan dengan benar, itu akan ada rasa tidak nyaman. Setelah diangkat ke atas, gerakkan lengan kiri dan ke kanan," terang dr Andi di sela-sela talkshow 'Aktivitas Fisik di Sekolah Program Indonesia Segar' di SMPN 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/10/2014).

Setelah meregangkan lengan, angkat salah tungkai dengan arah mendekati perut dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, tumpangkan kaki kiri ke paha kanan, lalu tekan di bagian lutut. Lakukan hal yang sama pada kaki kanan.

Untuk meregangkan otot paha bagian belakang, luruskan kaki ke depan dengan posisi badan agak condong dan sebisa mungkin sentuh jari kaki. Lakukan gerakan itu dalam 10-15 hitungan. Intinya, dikatakan dr Andi, dengan hidup aktif, pekerja kantoran pun tetap bisa melakukan aktivitas fisik.

"Cara lainnya lagi supaya kita lebih aktif misalnya parkir mobil lebih jauh, beli makan siang jangan suruh OB, beli aja makanan sendiri, lalu minimalisir penggunaan lift. Cara lainnya, waktu ada keperluan sama teman, hampiri saja, jangan lewat chating," imbiuh dr Andi.

Bahkan, jika memungkinkan, tak ada salahnya sesekali kantor menerapkan walking meeting, yakni meeting sambil jalan ke suatu tempat, sehingga tidak hanya duduk diam di ruang rapat. Baik pada orang dewasa atau anak-anak, menurut dr Andi dengan cara yang kreatif akan membuat mereka lebih tertarik untuk menjalani pola hidup aktif.

"Bisa juga dibuat kompetisi body composition atau fitnes competition. Atau cycling wednesday. Kemudian ada intervensi nutrisi, ada fruit friday. Pada anak atau orang dewasa butuh cara yang kreatif sehingga menjalani pola hidup aktif bisa lebih menyenangkan," tutur dr Andi.

Sumber : health.detik.com


Supermap - Peta Sukses Kekuatan Mind Mapping
Pusat Pelatihan Pendidikan dan SDM Profesional
Mind Mapping - Super Memory - Speed Reading - Goal Setting

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///