Rahasia Terbesar Tentang Otak dan Kecerdasan

Rabu


Susanto Edy P., BLI ( Official Buzan Licensed Instructor - Mind Map )

Penelitian para ahli Otak saat ini bahwa pengetauan tentang otak secara tidak terbatas lebih luas daripada yang sebelumnya kita pikirkan sebelumnya. Setiap orang memiliki otak, yang ‘normal’, akan tetapi sebenarnya sungguh Hebat. Pakar otak Dunia, inventor Mind Mapping, Tony Buzan mengatakan: “Your Brain is like a sleeping Giant.”

Dalam otak Anda minimum terdapat 1.000.000.000.000 neuron atau sel saraf individual. Angka ini bahkan menjadi lebih mencengangkan ketika disadari bahwa setiap neuron Anda dapat berinteraksi antara 1 sampai 100.000 neuron lain dengan berbagai cara. Bayangkan kehebatannya....!

Apa ukuran seseorang Jenius? Orang dikatakan Jenius bukan karena hanya test IQ-nya yang tinggi, tetapi seseorang Jenius apabila bisa mengoptimalkan kinerja otaknya dan membuahkan suatu karya yang bermanfaat, apapun itu. Seseorang yang memiliki nilai IQ tinggi tidak selalu: mandiri dalam pikiran, mandiri dalam tindakan, memiliki atau mampu menghargai dengan baik, menghargai keindahan, berpikir logis, berfikir pembaharuan, orisinal, dan belum tentu berpengetahuan luas, smart atau fleksibel. Demikian juga bagi yang digolongkan mempunyai IQ rendah, tidak mesti berlaku demikian juga. Berita bagusnya adalah kecerdasan manusia dapat ditingkatkan dengan sangat hebatnya. Jadi Anda jangan kawatir bila pernah dilakukan tes IQ dan ternyata hasilnya rendah!! Dan ternyata para ahli telah menemukan bahwa Otak manusia itu Hebat, sebagai mukjizat dan karunia Allah, Tuhan sang Pencipta alam semesta.

Karena itu kita harus mempelajari bagaimana otak kita bekerja agar dapat menarik manfaat sebesar-besarnya dari kemampuan Otak yang luar biasa. Prof. Roger Sperry, seorang peneliti Otak menyatakan bahwa Otak mempunyai 2 belahan kortek yang saling terkait namun ada yang mempunyai fungsi fungsi yang berbeda. Otak Kiri manusia berkaitan dengan logika, kata, daftar, angka, linieritas, analisis, dan sebagainya, yang disebut aktivitas ‘akademik’. Belahan Otak Kanan lebih berada dalam ‘gelombang alfa’ atau keadaan rilek, siap untuk membantu. Korteks Otak Kanan menangani irama, imajinasi, warna, angan-angan, kesadaran ruang, gambaran menyeluruh dan dimensi.

Disinilah dasar berfikir dari orang orang Jenius dunia, sebut saja Albert Einstein, Thomas Alfa Edison ataupun Leonardo da Vinci mengoptimalkan kinerja Otaknya, Belahan Kiri dan Belahan Kanan, Cara berfikir Radian , memancar dan dasar dari teknik Mind Mapping.

Source Picture: http://1.bp.blogspot.com/

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor