Manfaat Speed Reading/Membaca Cepat

Selasa

Dirangkum oleh Mind Mapping Club Indonesia




Di era informasi seperti sekarang, kita dapat memperoleh informasi hampir dari mana saja. Mulai dari yang konvensional seperti buku, koran, majalah, atau tabloid sampai dokumen elektronik seperti ebook, website, blog, ensiklopedi elektronik, hasil pencarian di internet, dan begitu banyak sumber lainnya.

Bayangkan dengan banyaknya informasi tersebut, dibutuhkan kemampuan memilah informasi mana yang penting dan mana yang tidak. Informasi dalam jumlah tertentu yang dibutuhkan akan sangat berharga. Sementara informasi yang terlalu banyak tanpa pemilahan hanya akan menjadi sampah.

Kemampuan menyerap dan menguasai informasi yang telah dipilih secara cepat dan efektif menjadi kunci sukses di era ledakan informasi. Anda akan menjadi tuan dan bukan budak dari informasi.

Untuk itu kemampuan untuk membaca cepat/speed reading ditambah dengan membuat catatan Mind Mapping menjadi sangat penting dan bermanfaat bagi semua orang. Apakah Anda seorang pelajar, mahasiswa, profesional, eksekutif, semuanya membutuhkan kemampuan membaca yang lebih baik. Membaca cepat dan efektif akan membantu Anda dal am tiga hal penting:

1. Memilah Informasi Penting dan Tidak

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kita telah memasuki zaman ledakan informasi di mana terdapat begitu banyak sumber bacaan. Di satu sisi hal ini membantu untuk mengetahui apa saja yang ingin kita ketahui. Namun di sisi lain informasi yang terlalu banyak membuat kita bingung mana yang penting dan mana ya gn tidak. Mana informasi yang relevan untuk dipelajari dan mana yang hanya akan membuang waktu saja tanpa memberi manfaat berarti.

Kemampuan membaca cepat berguna ketika Anda hendak memutuskan apakah suatu buku, dokumen atau bahan bacaan merupakan materi yang penting dan relevan buat Anda atau tidak. Bayangkan ketika Anda datang ke toko buku, ada berbagai judul yang terlihat menarik dan perlu. Namun apakah benar demikian? Atau jangan-jangan hanya sebagian kecil saja dari buku tersebut yang memang berkualitas dan akan membawa manfaat yang banyak jika Anda membacanya sampai tuntas.

Jika Anda telah menguasai membaca cepat, maka keputusan untuk memilah informasi yang penting dan yang tidak dapat dilakukan lebih mudah dan cepat. Caranya adalah dengan membaca cepat dan sekilas judul buku, sub judul, daftar isi, halaman belakang, kata pengantar dan secara cepat melihat sekilas judul-judul bab dan heading-nya. Dalam tempo 1-3 menit Anda sudah bisa memutuskan apakah buku tersebut cocok buat Anda atau tidak.

2. Menguasai Informasi Dengan Cepat

Setelah melakukan langkah pertama, kemampuan membaca cepat akan membantu Anda menguasai informasi dengan lebih cepat serta lebih baik. Jika sebelumnya Anda menghabiskan waktu satu minggu untuk menyelesaikan sebuah buku setebal 300 halaman, maka dengan kemampuan membaca cepat buku yang sama dapat diselesaikan dalam satu hari. Bahkan beberapa orang ter-latih bisa menyelesaikan dengan tuntas dalam tempo 1-2 jam saja. Sungguh merupakan penghematan waktu yang sangat berharga.

3. Meningkatkan Pemahaman
Membaca cepat akan membuat pemahaman menjadi lebih baik. Jadi tidak hanya Anda mengusai materi lebih cepat, bahkan Anda bisa memahaminya dengan lebih baik. Hal ini terjadi karena membaca cepat akan mengajak Anda fokus pada persoalan dan melihat lebih jernih hubungan antar bab, antar paragraf, maupun antar pemikiran yang disampaikan dalam materi bacaan. Untuk menguji hal ini Anda perlu mempraktekkan terlebih dahulu agar bisa merasakan perbedaan tingkat pe mahaman yang terjadi sebelum Anda menguasai baca cepat dengan sesudahnya.

Sumber : Supermap & Segala Sumber
Informasi pelatihan dan coaching silahkan hubungi Mind Map Center Indonesia email: mindmapcenter@ymail.com

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///