Rahasia Sukses di Sekolah dengan Metode Mind Mapping

Rabu

Belajar lagi, belajar lagi….kok bosen ya?
 
Setiap membicarakan belajar, kenapa kita tidak semangat ketika membicarakan tentang film favorite atau gossip tebaru tentang primadona sekolah. Kalau sudah di suruh belajar sama mama atau papa bisa-bisa kita ngambek dan tidak mau keluar kamar karena selalu kena omelan dari orang tua. Tapi yang perlu di yakini adalah bahwa tak selamanya belajar itu membosankan dan tidak selamanya belajar itu menjadi musuh bebuyutan kita. 

Untuk membuat belajar jadi menyenangkan kita harus tahu terlebih dahulu, apa yang membuat kita bosan jika belajar. Di bawah ini ada beberapa hal yang biasa membuat kamu bosen untuk belajar.  Dengan mengetahui hal ini, berarti kamu sudah melewati separuh jalan untuk belajar.
 
1. Kebayang guru yang ngajar
Sering kita beralasan, gurunya ga enak banget neranginnya, ga jelas banget. Atau gurunya terlalu killer atau terlalu cuek jadi kita suka sebel sama guru tersebut. Penolakan terhadap guru ini secara ga langsung membuat kita males belajar.
 
2. Pelajarannya susah
Belum-belum udah bilang susah, kalah sebelum bertanding, pokoknya susah deh. Padahal belum tentu kan? Asal tau aja, semua pelajaran yang diberikan di sekolah itu udah disesuaikan sama taraf belajar dan usia kita.
 
3. Enggak pernah serius ngikutin pelajarannya.
Hal yang kayak gini harus kita rubah, ga ada kata terlambat buat memulai.
 
4. Enggak tertarik
Ini dia alesan yang sering keluar, saat nilai kita jelek untuk salah satu mata pelajaran. Atau alasan lain, kayanya pelajaran ini ga penting banget deh buat dipelajarin?. Mungkin ini terjadi karena sebenarnya kita yang tidak tahu manfaat dari ilmu-ilmu yang kita dapat. Padahal dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menjumpai hal-hal yang merupakan aplikasi dari ilmu-ilmu yang kita pelajari saat ini.   
 
5. Karena gak punya buku
Yang ini tidak usah di jadikan alas an, kamu kan bisa fotokopi atau pinjam pada teman atau perpusatakaan sekolah. Jadi ga ada alasan lagi buat ga belajar atau ga mengerjakan PR.


Nah kalo kita sudah tahu apa yang menyebabkan anak tidak suka, selanjutnya kita perlu memberi motivasi dan dukungan, bahwa ada suatu cara yang menyenangkan dan efektif untuk bisa mendukung anak belajar dengan berhasil. Yakni belajar dengan metode Mind Mapping. Metode Mind Map ® ini ditemukan oleh seorang pakar Pendidikan Dunia, yakni Tony Buzan dari England - UK.

.... to be continue... bersambung ke part-2. Bagaimana Mind Mapping dapat membantu anak untuk belajar efektif!

Dirangkum dan disarikan dari berbagai sumber
oleh: Susanto Edy p., MSli, BLI
Buzan Licensed Instructor
Master Coach Supermap
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///