Memori, Daya Ingat dan Mind Mapping

Selasa

Memori/Daya Ingat dan Mind Mapping



Sangat penting untuk mengetahui cara kerja Otak untuk mengingat! Karena substansi kecerdasan itu sangat terkait dengan daya ingat. Bagaimana bila kita sering lupa? Sulit untuk mengingat, walau hal yang sederhana sekalipun? Tentu ini menjadi penting untuk mempelajari dan berupaya mencari metode metode yang dapat meningkatkan efesiensi kinerja otak. Mind Map dalam hal ini sangat membantu didalam proses otak menyimpan memori. Dengan Mind Map otak akan lebih terbuka dan efektif dalam menyerap informasi atau materi materi pelajaran.

Dasar Dasar Teknik Memori

Tony Buzan dalam bukunya yang berjudul ‘Master your Memory’ sangat menekankan keberhasilan teknik memori adalah bagaimana kita atau siswa maupun guru bisa menggunakan 2 alat hebat memori; Imajinasi dan Asosiasi dengan 12 teknik yakni:

1. Synaesthesia atau Sinestesia. Metode ini menekankan penggunaan panca indra yakni: penglihatan; pendengaran; penciuman;pencecapan; perabaan; kesadaran ruang.

2. Movement/Gerakan. Gerakan akan menambah daya ingat menjadi lebih baik yang akan saling berkait, buatlah menjadi tiga dimensi.

3. Association/Asosiasi. Kapanpun anda ingin mengingat, pastikan anda mengaitkan sesuatu yang sudah ada dalam ingatan anda.

4. Imagination/Imajinasi. Albert Einstein berkata, ‘Imagination is more important than knowledge. For knowledge is limited, whereas imagination embraces the entire world, stimulating progress, giving birth to evolution.’ Bila kita ingin daya ingat kita lebih baik, kita bisa menggunakan imajinasi atau pembayangan.

5. Sexuality/Seksualitas. Ingatan kita sangat baik dalam hal ini.

6. Humour/Humor. Buatlah gambaran yang lucu dan menyenangkan.

7. Number/Nomor. Memberi nomor akan menambah pencirian khusus dan efesiensi dari prinsip mengingat.

8. Order and/or Sequence/Susunan dan/atau urutan. Dengan kombinasi prinsip memori yang lain akan meningkatkan mengingat pada ‘ingatan acak’.

9. Symbolism/Simbol. Mengganti gambaran atau symbol dari yang biasa dengan yang lebih menarik akan meningkatkan kemampuan mengingat.

10. Colour/Warna. Bila memungkinkan gunakan warna warni pelangi sehingga tampak lebih berwarna dan mudah diingat.

11. Positive images/Bayangan Positif. Untuk banyak hal, bayangan yang positif dan menyenangkan akan membuat otak senang untuk kembali ke ingatan tersebut. Bayangan negative atau buruk akan membuat otak menjahuinya.

12. Exaggeration/Melebih-lebihkan. Dalam menambah daya ingat selalu buat gambaran yang berlebihan baik dalam ukuran, bentuk, warna dan kedengarannya. Dan daya ingat anda akan meningkat.

Dengan melatih - mempraktekkan mind map dan teknik memori secara berkesinambungan dan teratur, kita dan siswa akan dapat meningkatkan daya ingat dengan pesat. Kita akan bisa mendapatkan hubungan yang signifikan antara ‘Mind Map, Memori dan peningkatan Prestasi Belajar, anak maupun kita sendiri sebagai guru maupun orang tua. Pada saat yang sama kita menumbuhkan proses pembelajaran yang efesien dan proses kreatifitas yang baik.

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///