Otak Bayi Berkembang Saat Tidur

Rabu

Banyak ibu yang kaget dengan pola tidur bayi baru lahir. Itu bisa saja terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Ada bayi yang tidur panjang dibanding berinteraksi dengan orang lain. Ada pula bayi yang doyan bergadang di malam hari.

Bayi yang baru lahir biasanya tidur 16 jam sehari. Pada usia tiga bulan, bayi tidur hanya lima jam atau lebih di malam hari. Tak heran banyak orang tua mengeluh karena harus bergadang menemani si bayi.
Pada usia 6 bulan, bayi bisa tidur 8-10 jam di malam hari, atau lebih. Namun ada juga sejumlah bayi yang tidak tidur di malam hari. Jangan cemas. Itu terjadi karena memang ada beberapa bayi yang memilih berjaga di malam hari hingga mereka berusia setahun.

Namun mengingat saat tidur adalah saat otak bayi berkembang dengan cepat, Anda perlu membentuk pola tidur bayi sejak dini. Berikut caranya:

1. Tentukan jadwal tidur yang rutin. Membacakan cerita, menyanyikan lagu pengantar tidur atau hal lain yang biasa dikerjakan untuk mengantarkan bayi tidur bisa dilakukan. Lakukan pada jam yang sama sehingga bayi mengenali inilah saatnya tidur.

2. Saat bayi mengantuk, baringkan dia di tempat tidurnya dengan posisi telentang. Jauhkan mainan dari tempat tidurnya.

3. Jika bayi terjaga karena mengompol di malam hari, gantikan popoknya. Namun hindari menyalakan lampu yang terang. Gunakan lampu yang remang-remang dan bicaralah perlahan, jadi bayi akan mengetahui sekarang bukan saat bermain.

Sumber : mediaindonesia.com

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///