Langkah Mudah Bangun Komunikasi dengan Buah Hati

Senin

Agar anak komunikatif, komunikasi perlu dibangun sejak dini. Membiasakan anak bercerita pada orangtua menjadi salah satu cara untuk membuatnya terbuka pada Anda. Membiasakan diri membicarakan hal apa pun kepada anak akan memudahkan Anda membangun komunikasi efektif dengannya. Tak peduli apakah ia mengerti celotehan Anda atau tidak namun berbicaralah terus kepada balita Anda, dan perkenalkan kata-kata baru dan perjelas artinya dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Meski demikian, Anda juga harus memberi ruang agar ia dapat merespons dan terbiasa dengan percakapan. Saat memulai percakapan, biasakanlah untuk melakukan kontak mata dengannya dan memberikan perhatian penuh.

Jika Anda tidak sabar, atau hanya merespons dengan “itu bagus” bahkan tanpa melihatnya, ia akan berkecil hati dan berhenti mencoba berbicara kepada Anda, seperti dipaparkan  buku Panduan Kesehatan Keluarga, karya Dr. Miriam Stoppard.
Bicarakan tentang apa pun yang Anda lakukan secara terperinci. Jika Anda sedang mengenakan pakaiannya, katakan “Sekarang kita mengancingkan bajumu…satu, dua, tiga.” Jelaskan juga benda yang Anda gunakan.

Anda tidak perlu mengoreksi jika anak membuat kesalahan, tapi jangan ikut-ikutan berbicara dengan bahasa bayinya. Jika ia membuat kesalahan tata bahasa atau pengucapan, ulangi saja perkataannya dengan bentuk yang benar.

Sumber : lifestyle.okezone.com

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///