Senam Otak Bantu Anak Lebih Konsentrasi

Jumat

Otak terdiri atas dua belahan, yaitu kanan dan kiri yang fungsinya berbeda namun saling mendukung. Otak kiri sering dikaitkan dengan akademis (matematika, menulis, membaca), fungsi verbal, temporal, logis, analitis, rasional serta kegiatan berpola.

Sedangkan otak kanan lebih pada nonakademis, seperti seni, pemahaman ruang, dan bentuk kegiatan yang memancing kreativitas. Otak anak bisa dilatih melalui aktivitas motorik seperti dalam hal kemampuan menggunakan tangan kiri dan tangan kanan serta kaki kiri dan kanan.

Inputnya selalu dari sensorik. Artinya, bermula dari visual,pendengaran dan perabaan, kemudian responnya keluar dalam bentuk motorik. Di playgroup dan TK, otak kanan biasanya dilatih lewat kegiatan melukis dan pengenalan warna-warna, menyanyi, bercerita, dan bermain.

Itu semua bermanfaat mengembangkan imajinasi anak. Sementara itu, sejumlah permainan manipulatif juga diajarkan untuk menyeimbangkan kecerdasan otak kiri anak. Contohnya seperti menyusun balok, puzzle, berhitung, mengelompokkan, mengurutkan dari ukuran besar ke kecil, serta berhitung (menambah dan mengurangi).

Adapun aktivitas outdoor seperti berlari, merangkak dan melompat juga melatih koordinasi gerak otak kanan dan kiri. Selain melalui aneka permainan yang memancing kreativitas, keseimbangan otak kanan dan kiri ternyata juga bisa dilatih melalui senam otak (brain gym).

"Dalam tubuh kita banyak sekali terdapat otot yang berhubungan langsung dengan otak. Senam otak intinya adalah melakukan serangkaian gerak otot yang nantinya akan bisa menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Sehingga, logika maupun kreativitas anak jadi seimbang," kata ahli montessori sekaligus konsultan untuk program sekolah usia dini, Lely Tobing.

Dampak senam otak dapat membantu membangun kepercayaan diri serta berpengaruh positif dalam menambah konsentrasi, meningkatkan fokus, daya ingat, dan mengendalikan emosi anak.

Sumber : okezone.com
Dispoting kembali oleh Supermap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///