Apa Kata Teman-teman SD Pengaruhi Kepribadian Seseorang Saat Dewasa

Rabu

Jika ingin mengenal seseorang maka kenalilah dulu teman-temannya. Ternyata ungkapan ini bukanlah isapan jempol belaka. Nyatanya sebuah studi baru menemukan bahwa persepsi teman-teman, terutama dari masa kecil atau sekolah dasar dapat memprediksi kesuksesan seseorang di masa depan.

Peneliti Lisa Serbin dari Concordia University dan Alexa Martin-Storey dari University of Texas yang sama-sama menjadi anggota Centre for Research in Human Development, Concordia University pun mengungkapkan bahwa evaluasi teman SD ini dapat memprediksi keberhasilan seseorang di masa depan, bahkan hasilnya jauh lebih akurat daripada evaluasi mandiri partisipan tentang karakteristiknya di masa kecil.

"Studi yang dikenal dengan nama Concordia Longitudinal Risk Project ini telah dimulai sejak tahun 1976 oleh rekan-rekan saya di Departemen Psikologi yaitu Alex Schwartzman dan Jane Ledingham. Selama dua tahun, para siswa kelas 1, 4 dan 7 di Montreal diminta mengevaluasi teman-teman sekelasnya, termasuk memberikan penilaian tentang tingkat agresi, tingkat kesukaan (likability) dan tingkat penarikan sosial pada satu sama lain. Para siswa ini juga melakukan evaluasi mandiri," terang Serbin.

Selama 20 tahun, anak-anak ini dipantau secara ketat oleh peneliti untuk mengetahui perkembangan karakteristik mereka hingga memasuki usia dewasa. Survei lanjutannya pun digelar antara tahun 1999-2003 dengan melibatkan sekitar 700 partisipan dari studi pertama.

Survei ini bermaksud menggali karakteristik partisipan di saat dewasa seperti neuroticism (kecenderungan untuk menunjukkan emosi negatif seperti cemas, rasa bersalah, marah dan depresi), extroversion (kepribadian yang suka bergaul dan ramah), keterbukaan, agreeableness (kepribadian yang sopan dan hormat, punya toleransi dan bisa bekerjasama) dan conscientiousness (kepribadian yang dapat diandalkan, dapat melakukan organisasi dan bersikap hati-hati).

"Dari situ kami mampu membandingkan persepsi teman dengan persepsi partisipan sendiri tentang perilaku masa kanak-kanaknya sebagai faktor pembentuk karakteristiknya saat dewasa," ungkap Martin-Storey seperti dilansir dari health24.

"Kami juga menemukan bahwa evaluasi dari sekelompok teman jauh lebih berkaitan dengan karakter partisipan saat dewasa dibandingkan persepsi partisipan sendiri terhadap karakteristik masa kecilnya. Hal ini terasa masuk akal karena perilaku agresivitas dan tingkat kesukaan (likability) seorang anak ditentukan oleh banyak sedikitnya teman yang mengelilinginya sepanjang hari sehingga keduanya dianggap sangatlah relevan, terutama di lingkungan sekolah," tambahnya.

Misalnya, seorang anak yang menganggap dirinya cenderung menarik diri dari pergaulan menunjukkan kurangnya karakter conscientiousness saat dewasa. Di sisi lain, seorang anak yang dikatakan teman-temannya menarik diri dari pergaulan tumbuh menjadi orang dewasa yang extroversion-nya lebih rendah. Tapi justru fakta kedua menunjukkan kaitan yang lebih akurat.

Partisipan yang banyak disukai teman-teman sekelasnya saat SD dan dianggap lebih menyenangkan juga diprediksi memiliki tingkat agreeableness dan conscientiousness yang lebih tinggi serta tingkat neuroticism yang lebih rendah daripada partisipan yang menganggap dirinya menyenangkan saat kecil.

"Pasalnya karakteristik orang dewasa dikaitkan dengan banyak faktor kehidupan yang penting seperti kesehatan fisik, kesehatan mental dan kepuasaan terhadap pekerjaan," terang Serbin.

Menurut Serbin, studi ini juga dapat dipergunakan untuk membantu anak-anak dan orangtua dalam mengembangkan mekanisme efektif untuk mengenali perilaku agresif atau penarikan diri dari lingkungan sosial pada anak agar nantinya dapat mendorong atau membentuk perilaku yang lebih pro-sosial.

Sumber : health.detik.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///