Lima Jurusan untuk Si Pemalu

Rabu

Banyak kegiatan yang bisa Anda pilih usai lulus dari sekolah menengah atas (SMA). Anda bisa langsung bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.  Bagi yang memilih kuliah, pasti ada kebimbangan jurusan mana yang akan diambil. Terlebih lagi, jika Anda adalah seorang pemalu yang tidak berani berbicara di depan orang banyak, serta tidak berbakat untuk membujuk seseorang ikut dalam program Anda.

Dan, sifat-sifat atau keadaan tersebut bisa-bisa mempengaruhi nilai kuliah Anda, menjadi buruk. Seorang psikolog lulusan Universitas California, Dr Suzanne Anthony, menyatakan rasa malu adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan rasa cemas dan bisa membuat seorang mahasiswa sulit untuk mencerna pelajaran ataupun mendapat nilai baik.

"Memilih program studi yang tidak sesuai dengan karakter Anda dapat menghambat kinerja dan mengakibatkan stres di kampus. Menurutku, seseorang baru dapat melakukan suatu pekerjaan dengan baik jika orang tersebut merasa nyaman dan tidak diliputi rasa cemas," ujar Anthony seperti dilansir Yahoo.

Untuk itu, Anthony memberikan lima rekomendasi program studi yang sesuai bagi seorang pemalu, tidak suka bersosialisasi, dan merayu seseorang. Berikut penjelasannya:

1. Paralegal
Paralegal adalah program studi atau jurusan di bidang hukum yang menangani klien dari seorang pengacara. Profesi paralegal sendiri bukanlah pengacara bukan juga petugas pengadilan, oleh pemerintah sendiri paralegal tidak diizinkan untuk berpraktik hukum.

Aslinya paralegal adalah pembantu pengacara yang berpraktik dan melayani klien dalam masalah hukum. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, para ahli hukum mengakui para legal adalah profesi yang berada langsung di bawah supervisi pengacara.

Namun di Inggris Raya, paralegal tidak disebut bawahan pengacara, melainkan hanya mengerjakan pekerjaan legal. Meski demikian tidak ada definisi yang konsisten mengenai paralegal seperti: peranan dan pekerjaan, status, syarat dan kondisi kerja, training, peraturan peraturan atau apa pun sehingga setiap yuridiksi harus memandang secara individual.

Paralegal adalah jurusan yang tepat bagi Anda yang tidak suka bekerja di luar ruma (outdoor). Studi ini sangat cocok bagi Anda yang suka menyendiri di perpustakaan.

Menurut persatuan perguruan tinggi AS--Dewan College, studi paralegal akan mempelajari kajian-kajian mengenai perpustakaan hukum, termasuk jurnal hukum, ringkasan kasus, dan dokumen pemerintah.

"Banyak aspek dari jurusan paralegal seperti penelitian, menulis, analisis hukum yang cocok bagi orang pemalu yang sulit untu berinteraksi dengan orang lain," ujar Anthony.

2. Akuntansi
Jurusan akuntasi juga dapat menjadi pilihan bagi si pemalu. Ini lantaran pekerjaan akuntan adalah pekerjaan yang tidak memerlukan banyak bicara ke orang. Pekerjaan ini lebih ke pekerjaan individu, seperti memeriksa buku keuangan, pajak, hukum bisnis dan audit data keuangan. "Saat Anda menekuni studi akuntansi, Anda akan disibukkan banyak tugas mengenai data dan aturan keuangan," tutur Anthony.

3. Teknologi Informasi Kesehatan
Jika Anda adalah seorang yang tertarik dalam bidang kesehatan, namun tidak suka berinteraksi dengan pasien, program studi ini bisa menjadi pilihan. Ini lantaran pekerjaan teknologi informasi kesehatan tidak membutuhkan banyak interaksi dengan manusia. Dalam studi ini, Anda akan mempelajari istilah-istilah dan menganalisis data keuangan.

4. Jaringan dan Sistem Administrasi Internet
Program studi ini mempelajari sistem dan keamanan jaringan internet yang mencakup teknologi perangkat keras (hardware), sistem informasi, keamanan jaringan, dan manajemen database.

"Orang-orang pemalu mungkin akan merasa sangat nyaman dengan jurusan ini, karena sebagian besar pekerjaan dikerjakan dibalik layar," kata Anthony.

5. Desain Grafis
Apakah Anda adalah seorang yang suka berfikir secara logika, imajinatif, dan bekerja di depan komputer? Jika ya, maka desain grafis adalah jurusan yang cocok untuk Anda.

Menurut Dewan College, dalam studi desain grafis, Anda akan mempelajari program-program komputer terbaru, seperti desain, tipografi, dan photoshop.

"Dalam benak saya, desain grafis adalah pekerjaan mandiri. Sebagian besar Anda akan menghabiskan waktu sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Jurusan ini sangat tepat bagi Anda seorang yang kreatif dan pemalu," tambah Anthony.

Sumber : liputan6.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///