BELAJAR MIND MAP , ALAT BELAJAR EFEKTIF! (part-1)

Senin

BELAJAR MIND MAP ®
ALAT BELAJAR YANG EFEKTIF!
Oleh: Drs. Susanto Edy P., BLI

‘Your Brain is like a sleeping Giant!’
‘OTAK ANDA BAGAIKAN RAKSASA YANG SEDANG TIDUR!’
(Inventor of Mind Map, Tony Buzan)

‘MENGGUNAKAN MIND MAP AKAN MEMBUKA POTENSI KEHEBATAN OTAK!’
(Susanto Edy P., BLI)



Tantangan dalam Proses Pembelajaran yang cenderung semakin meningkat, Prestasi siswa yang dituntut semakin baik, terbatasnya sarana dan prasarana, serta terbatasnya sumber daya –merupakan perhatian kita yang perlu kita angkat. Bayangkan jika kita dapat melakukan perbaikan terhadapnya! Minimal disalah satu bidang terutama dalam metode dan alat belajar yang dapat meningkatkan dan memperbaiki pola belajar dan kemampuan daya pikir atau daya ingat dari kita semua. Hal ini akan sangat berguna dan bermanfaat baik siswa maupun guru.

Sekarang dunia semakin terbuka dimana Persaingan Global telah memasuki hampir disemua bidang termasuk dunia Pendidikan. Untuk bisa bersaing, sangat menjadi penting untuk mempelajari dan menerapkan metode metode ataupun teknik teknik yang dapat meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran untuk mencapai tingkat yang lebih baik. Dengan menfokuskan pada poses pembelajaran dan mempraktekkan “pembiasaan Pembelajaran Cerdas & Kreatif”, kita akan dapat memberi sumbangsih kita yang baik, terhadap proses Pembelajaran. Demikian juga terhadap individu (siswa dan guru) itu sendiri, yang menjadi salah satu pilar mensukseskan cita cita bangsa Indonesia mewujudkan manusia manusia yang cerdas, handal dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hal mudah untuk menyebut diri kita ‘cerdas & kreatif’, tetapi untuk menjadi cerdas & kreatif sesungguhnya memerlukan pemahaman dan proses pembentukan budaya serta penggunan metode yang tepat. Dedikasi dan tenaga diperlukan untuk menanamkan cara baru dalam pola pikir dan pola budaya didalam proses pembelajaran kita.

Untuk menjadikan sekolah atau organisasi kita benar benar ‘efektif dalam proses pembelajaran’ perlu sebuah usaha yang sungguh sungguh. Hal itu memerlukan perubahan paradigma menyeluruh didalam proses pola pikir dan tindakan nyata. Setiap masing masing orang mempunyai pemikiran yang akan menjadi “Sumber tanpa batas” yang harus selalu dirangsang dan dikembangkan untuk mendapatkan budaya cerdas & kreatif disekolah kita. Setiap guru dan siswa tentu harus menyadari bahwa kecerdasan & kreatifitas tidak hanya merupakan kegiatan yang dilakukan sekali kali, tetapi mereka harus menyadarinya bahwa untuk menjadi cerdas & kreatif harus diterapkan setiap waktu, setiap kesempatan dan merupakan budaya sehari hari.

Kreatifitas harus diaplikasikan disemua bidang, sistem harus mendukung dan pembudayaan pemikiran kreatif harus tanpa pandang bulu. Sehingga kebijakan dan peraturan peraturan baik kebijakan pemerintah, maupun internal sekolah perlu ditinjau ulang dengan perspektif yang lebih segar dan kreatif.

Salah satu tokoh dalam pembelajaran dunia, Tony Buzan, telah melakukan penelitian terhadap proses pembelajaran ‘cerdas & kreatif’ melalui kajian ‘cara kerja Otak’. Bagaimana cara Efektif untuk mentranformasikan ilmu/pengetahuan yang dapat mendorong peningkatan dan penggunaan inteligensi seseorang secara optimal.

Salah satu teknik yang direkomendasikan oleh Tony Buzan adalah: Alat Belajar yang Efektif yang disebut “Mind Map®”


Secara sederhana ‘Mind Mapping adalah alat yang sangat efektif untuk memahami, proses menyimpan informasi dan memunculkan Kreatifitas sesuai dengan fungsi alamiah otak’ dan menjadi “Creativity Toolkit for the Brain”, alat kreatif Otak untuk belajar! dan juga sangat bermanfaat untuk proses mengajar.

(Bersambung...)

Sumber: diolah dari Modul Supermap dan berbagai Sumber.
Gb. Mind Map : Contoh Mind Map Multiple Intelligent dan Mind Map Learning a Language

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///