CARA AKTIFASI OTAK MEMORY - MEMO BRAIN (OTAK TENGAH, KIRI & KANAN)

Kamis

Susanto Edy P., Master Coach Internasional, BLI (Official Buzan Licensed Instructor - Mind Mapping)



Kebanyakan orang menganggap bahwa mereka mempunyai ingatan yang kurang baik. Sering kita melupakan dimana kunci motor atau mobil sewaktu mau berangkat kerja! Atau kita lupa janjian kita dengan teman atau istri kita. Bahkan ada yang lupa pulang sendirian dari Mall dan Istri kita ketinggalan di Mall!! Wah yang satu ini bisa berbahaya….?!

Tapi tenang, jangan terlalu kawatir. Ingatan anda sebenarnya cukup baik bahkan sangat baik. Hanya anda yang belum mengaktifkan Otak Memory atau 'MEMO BRAIN' anda!

Otak memegang peranan yang sentral dalam kehidupan manusia termasuk dalam hal Mengingat/ Memory. Otak yang mempunyai fungsi besar dalam mengingat adalah Kortek yakni Otak Kiri dan Kanan dengan jembatan penghubung melalui Otak Tengah. Jadi Otak kita tidak bisa bekerja sendirian, misalkan hanya Otak Tengah saja. Mereka memerlukan kerjasama Otak yang Harmonis. Semakin Harmonis kerjasama Otak semakin baik pula Kinerjanya termasuk daya Ingat atau Memorinya!

Jadi Apa yang dimaksud aktifasi Otak Memory atau MEMO BRAIN? Inilah Salah satu cara untuk mengaktifkan Otak kita terutama Otak Memory. Berikut merupakan langkah awal untuk berlatih dalam mengaktifkan Otak Memory anda.

1. Persyaratan wajib untuk setiap aktifitas: Lakukan dalam keadaan tenang, rilek.

2. Bacalah atau Buatlah Catatan, tentang apa yang akan anda ingat, misal; Kegiatan anda selama satu hari kemarin atau hari ini.

3. Buatlah ringkasan dengan membuat table dan Berikan tanda untuk hubungan dengan Pancaindra – Emosi - Tindakan, yakni;

a. Panca Indra (Visual – Audio – Sentuhan - Cita Rasa – Penciuman)

b. Perasaan/Emosi

c. Gerak/Tindakan

4. Review dengan membaca ulang dari ringkasan anda dan buatlah Mind Map, dan hanya tuliskan ‘Key Word’ sebagai kata kunci.

5. Esok pagi baca ulang mind map anda dan perhatikan apakah kata kunci tersebut sudah ‘mengaktifkan Otak Memory’ anda? Bila belum periksa kembali catatan anda dan luangkan waktu untuk memperkuat kata kunci yang anda buat dengan menambahkan gambar symbol dan lain sebagainya. Akan tetapi bila kata kunci ternyata belum aktif, maka perlu anda cari kata kunci alternative yang lebih kuat dari yang telah anda buat!

Selamat anda telah berlatih awal untuk mengaftifkan OTAK MEMORY atau yang berkaitan dengan OTAK TENGAH, OTAK KIR DAN KANAN anda! Tentu saja latihan ini dibutuhkan kesabaran dan latihan yang berulang sampai anda mengaktifkan dengan baik. Dan untuk mencapai tingkat yang terampil tentu anda harus dilatih oleh orang yang kompeten dengan latihan yang terstruktur. Bila anda mempunyai Pelatih/Coach yang tepat, hanya dalam 4 kali sesi anda bisa mempunyai Memory yang meningkat pesat.

Bila anda menemukan kesulitan atau permasalahan atau anda ingin mengikuti Pelatihannya, silahkan hubungi kami atau kirimkan pertanyaan anda ke mindmapcenter@ymail.com kami akan senang membantu anda. (Supermap)

Sumber: Modul Super Memory, Supermap, 2010, dan diolah dari berbagai sumber.

1 comments:

Ashia mengatakan...

nice ..
^^

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///