TEKNIK MENINGKATKAN MEMORY

Kamis

TEKNIK MENINGKATKAN MEMORY


Diposkan oleh Supermap Mind Mapping Club Indonesia

Untuk menjaga agar daya ingat kembali tetap setinggi yang dicapai beberapa saat setelah belajar selesai, pola terprogram tentang peninjauan ulang harus dilakukan, masing-masing peninjauan ulang dilakukan pada waktu yang tepat beberapa saat sebelum daya ingat itu kembali turun. Misalnya, peninjauan ulang pertama harus dilakukan sekitar 10 menit setelah periode belajar selama satu jam dan berlangsung selama 5 menit. Tindakan ini akan menjaga daya ingat tetap tinggi selama kira-kira satu hari. Namun, ketika peninjauan ulang berikutnya harus dilakukan, kali ini harus dengan periode 2 sampai 4 menit. Setelah itu, daya ingat kembali mungkin akan tetap dipertahankan selama sekitar satu minggu, jika peninjauan ulang selama 2 menit yang dapat dilakukan diikuti oleh peninjauan ulang lebih lanjut setelah sekitar saru bulan. Setelah itu, pengetahuan itu akan berada dalam Memori Jangka Panjang.

Kegagalan untuk meninjau ulang sama buruknya untuk memori pada umumnya. Bila diabaikan, setiap potong informasi baru tidak akan menetap di tingkat sadar, dan tidak akan membentuk hubungan memori baru. Karena memori merupakan suatu proses yang didasarkan pada hubungan dan asosiasi, semakin sedikit hal yang ada dalam simpanan untuk diingat kembali, semakin kecil kemungkinan bagi hal baru untuk dicatat dan dihubungkan.

Di sisi lain, keunggulan dari meninjau ulang sangat luar biasa. Semakin mempertahankan pengetahuan yang dimiliki, maka akan semakin dapat menyerap dan menanganinya. Ketika belajar, jumlah pengetahuan yang dapat digunakan semakin banyak sehingga dapat mencerna pengetahuan beru secara jauh lebih mudah. Setiap potong informasi baru diserap dalam konteks informasi relevan yang sudah ada di tempat penyimpanan Anda. Prosesnya mirip dengan bergulirnya bola salju tradisional, semakin jauh bergulir, bola salju itu dengan cepat menjadi semakin besar, dan akhirnya bergulir berkelanjutan karena momentumnya sendiri. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri Anda, hasil karya Anda dan Hidup Anda.

Super Memori dan Mnemonik

Pada umumnya, orang-orang menggunakan Prinsip Mengingat khusus yang disebut Mnemonik. Secara tradisional Prinsip-prinsip ini dipandang rendah atau sekadar tipuan, tetapi akhir-akhir ini sikap terhadap sistem tersebut berubah. Pengetahuan mutakhir tentang cara kerja pikiran kita menunjukkan bahwa prinsip-prinsip ini sebenarnya berhubungan erat dengan prinsip dasar dari fungsi otak.

Sumber: Master Your Memory - Tony Buzan
Mind Map Club Indonesia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///