MIND MAPPING UNTUK SUKSES UJIAN

Selasa

MIND MAP UNUK SUKSES UJIAN

Teknik Belajar Organik Peta Pikiran (MIND MAP)

Teknik Belajar Organik Peta Pikiran atau Mind Mapping (MMOST) di bagi menjadi dua bagian utama, yaitu Persiapan dan Aplikasi :

1. Persiapan

Membaca dengan cepat (SPEED READING)

Sebelum melakukan segala sesuatu yang lain, adalah penting untuk membaca cepat atau melihat-lihat seluruh buku. Membaca cepat harus dilakukan dengan cara seperti ketika Anda melihat-lihat buku yang Anda pertimbangkan untuk Anda pinjam dari perpustakaan atau untuk membeli di toko buku. Dengan kata lain yang lebih umum, membalik-balik halaman buku tetapi agak cepat, untuk mendapatkan ‘gambaran’ umum tentang buku tersebut, mengamati organisasi dan struktur, tingkat kesulitan, proporsi diagram dan ilustrasi terhadap teks, lokasi dari hasil apa pun, bagian ringkasan dan kesimpulan, dan sebagainya. Untuk meningkatkan kemampuan Membaca anda bisa mengikuti pelatihan/sesi SPEED READING yang diadakan oleh Supermap Center.

Waktu dan Jumlah,

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda duduk mempelajari buku teks adalah memutuskan tentang periode waktu yang akan disisihkan untuk belajar. Setelah itu, tentukan jumlah yang akan dicakup dalam waktu yang dialokasikan tersebut.

Pengetahuan Peta Pikiran atau Mind Map,

Setelah menentukan jumlah yang akan dicakup, berikutnya buatlah coretan-coretan sejauh yang Anda ketahui tentang subjek tersebut secepat mungkin. Selesaikan latihan ini dalam waktu tidak lebih dari lima menit. Catatan harus dalam bentuk Kata Kunci dan Peta Pikiran. Tujuan dari latihan ini adalah untuk memperbaiki konsentrasi, menghilangkan pikiran yang mengembara, dan membuat ‘set’ mental yang baik.

Pertanyaan dan Sasaran.

Setelah tingkat pengetahuan saat ini, Anda disarankan untuk memutuskan apa yang Anda kehendaki dari buku tersebut. Ini mencakup mengajukan pertanyaan yang ingin Anda jawab ketika membaca. Pertanyaan itu harus diajukan dalam konteks sasaran yang ingin dicapai dan, seperti mencatat pengetahuan, harus dilakukan dalam bentuk Kata Kunci dan Peta Pikiran atau Mind Map.

Setelah PErsiapan selesai silahkan lanjut ke Aplikasi... (bersambung) 

Sumber: diolah dari berbagai sumber.

1 comments:

Rozi Saptiyan mengatakan...

Situs yang bagus untuk indonesian mind mapping. Dan alangkah bermanfaatnya juga jika ilustrasi mind map nya bisa didownload dalam ukuran yang proporsional. Jika masih mengutamakan deskripsinya, sangat tampak seperti tulisan/artikel biasa. Salam Super, Rozi Saptiyan

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///