Diperbatasan, Pendidikan dan Kesehatan Perlu Perhatian

Senin

Beratnya medan yang tak dibarengi penyediaan sarana transportasi membuat sejumlah warga di pedalaman dan perbatasan Kabupaten Nunukan masih belum terjangkau secara maksimal pelayanan pendidikan dan kesehatan. Karena itu, Unit Sosial Budaya Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Korwil 05 Kabupaten Nunukan merekomendasikan agar pihak terkait memberikan perhatian terhadap kedua sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu.

Komandan Unit Sosial Budaya Sertu Sugianto mengatakan, selama dua bulan lebih unit yang dipimpinannya telah melaksanakan kegiatan yang bergerak di mulai dari Sungai Ular di Kecamatan Siemanggaris, lalu menuju ke Kecamatan Sebuku, Kecamatan Lumbis dan Kecamatan Lumbis Ogong.

Dari hasil penelitian itu, mereka menilai pendidikan di daerah perbatasan masih perlu mendapatkan perhatian khusus. Masih banyak sarana pendidikan yang kurang layak. Selain itu terbatasanya sarana transportasi dengan medan yang berat, membuat sebagian anak tidak bisa menikmati pendidikan dengan maksimal. Sebagian akan-anak itu hanya belajar dikelas jarak jauh di kolong rumah penduduk.

Sedikitnya ada tiga sekolah jarak jauh atau filial yang ditemukan tim selama melakukan penelitian. Sekolah itu berada di Sekapal, Siemanggaris dan Pembeliangan. Dari sekolah induk, jarak tempuh mencapai tiga kilometer, lima kilometer dan ada yang mencapai 15 kilometer.

Sugianto mengatakan, para orang tua memilih menyekolahkan anaknya di sekolah filial karena pertimbangan sejumlah alasan. Ada sekolah yang hanya berjarak tiga kilometer namun untuk menjangkaunya harus menyeberangi sungai yang begitu lebar. Hal ini tentu terkait dengan faktor keamanan anak. Sementara, tidak tersedianya sarana trasnportasi menjadi alasan lainnya bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya di sekolah yang jaraknya mencapai lima kilometer dan lima belas kilometer.

Sebagai bentuk perhatian terhadap kondisi sekolah dimaksud, TNI termasuk Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 menurunkan sejumlah personil untuk membantu para sukarelawan mengajar di sekolah filial ini. Mengingat jumlah tenaga sukarelawan yang mau mengajar masih sangat terbatas. Pihaknya juga memberikan bantuan buku tulis dan buku bacaan sebanyak 500 judul buku.

Persoalan kesehatan juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Karena itu pihaknya menggelar acara pengobatan massal dan sunatan massal. Program pengobatan gratis ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat setempat.

Mengingat selama ini untuk berobat, mareka harus menempuh jarak yang cukup jauh. Terkadang mereka harus menyeberangi sungai yang cukup lebar. Dari kegiatan pengobatan massal yang digelar, penyakit TBC masih mendominasi. Hal ini disebabkan karena lingkungan tempat tinggal yang kurang sehat.

Unit ini juga telah melakukan pendataan dan inventarisasi terhadap budaya yang ada di Kabupaten Nunuklan khususnya di wilayah perbatasan. Dari hasil pendataan itu secara umum dapat digambarkan jika budaya Kalimantan khususnya di Kabupaten Nunukan masih terpelihara dengan baik.

Untuk penanaman nasionalisme, tim bekerjasama dengan para mahasiswa untuk mengajarkan anak-anak sekolah tata cara upacara bendera.

Ia menilai, secara umum nasionalisme warga di perbatasan masih cukup tinggi. Meskipun secara ekonomi masih banyak yang tergantung hidup pada Malaysia.

“Sebetulnya kalau kita melihat nasionalisme di perbatasan dari orang perorang mereka merah putih. Karena kita bisa lihat waktu konfrontasi mereka mati-matian membela perbatasan. Dan sekarang banyak kita jumpai di lapangan orang-orang yang dahulunya setengah mati dan membela perbatasan. Sekarang sama yah. Tetapi karena faktor medan, jarak, ekonomi kita dari pusat belum sampai ke perbatasan,” ujarnya.

Sumber : tribunnews.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///