Siasat Ajarkan Etika Makan pada Anak

Kamis

Sama halnya dengan tata krama dan bahasa, saat makan pun juga ada etika yang harus diketahui. Etika saat makan memang sebaiknya diajarkan pada anak sejak kecil. Pasalnya sebagai orangtua, Anda tentu tidak ingin anak-anak terlihat tidak sopan saat makan terutama saat makan bersama tamu.

Menurut salah seorang pakar anak, Elizabeth Donovan, MA, anak memang harus diajarkan tentang etika makan sejak mereka mulai menyantap makanan solid.

“Ketika anak-anak bertambah usianya, sangat penting orangtua melanjutkan pendidikan etiket makan, karena hal itu akan membantu mereka mengembangkan kemampuan sosial dan kepercayaan dirinya,” ujarnya.

Lantas, bagaimana harus memulainya? Berikut beberapa tip yang bisa diajarkan pada anak Anda, seperti yang dilansir dari Sheknows.

Balita
Saat mereka sudah mulai bisa makan sendiri, ada baiknya Anda mengajarkan mulai dari mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu katakan padanya untuk selalu mengucapkan kata seperti "tolong" dan "terimakasih" apabila mereka meminta bantuan. Ajarkan juga agar anak-anak tidak boleh melempar makanannya karena hal ini tidak baik dilakukan.

Pra-sekolah
Ketika anak mulai bertambah usia, mereka mulai mampu untuk memahami peraturan. Mulai kenalkan anak-anak Anda dengan tata cara makan di meja makan. Seperti menggunakan alat makan dengan benar, menunggu makanannya tersaji di meja, tidak mengomentari makanan dengan sesuka hati hingga mengajarkan untuk meminta ijin untuk meninggalkan meja makan ketika mereka sudah selesai makan.

Anak usia sekolah
Saat anak sudah menginjak usia sekolah, ajarkan mereka hal-hal seperti tidak membawa mainan atau buku ke meja, duduk dengan baik di kursi, menyuapkan makanan ke mulut, hingga membawa piring kotor atau alat makan yang sudah digunakan ke tempat piring kotor setelah mereka selesai makan dan diperbolehkan pergi dari meja makan.

Sumber : lifestyle.okezone.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center
www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///