6 Cara Sederhana Agar Resolusi Sehat di Tahun Baru Bisa Awet

Rabu

Tahun baru telah datang, harapan baru sudah dipanjatkan. Seiring tahun berganti, usia makin bertambah namun kondisi kesehatan seringkali sebaliknya. Itulah sebabnya mengapa perlu mendeklarasikan resolusi sehat di tahun baru agar kondisi tubuh tetap prima. Sayangnya, resolusi ini sering kandas di tengah jalan karena berbagai hal.

Kesibukan dan kurangnya komitmen terhadap diri sendiri adalah penyebab utama kegagalan resolusi di tahun baru. Tentunya akan sangat disayangkan jika resolusi hidup sehat yang sama selalu digaungkan setiap awal tahun dan harus menguap begitu saja bulan demi bulan. Sebenarnya, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan agar resolusi sehat di tahun baru bisa tercapai.

Seperti dilansir Medical Daily, berikut adalah 5 cara sederhana tersebut:

1. Atur Jadwal Tidur
Tidur yang cukup tidak hanya penting bagi kesehatan, tapi juga penting untuk produktivitas, kehidupan sehari-hari dan keselamatan lalu lintas. Untuk menetapkan jadwal tidur, mulailah dengan memutuskan kapan harus bangun dan kapan harus berada di tempat tidur. Usahakan memperoleh jam tidur yang cukup, yaitu 7 - 8 jam. Sediakan waktu untuk bersantai sekitar 1 jam sebelum tidur.

2. Pilih Resep Sehat yang Mudah Diterapkan
Ada berbagai jenis resep makanan, tapi tidak semuanya menyehatkan. Jajan di restoran ataupun membeli makanan untuk dibawa pulang sebaiknya mulai dikurangi karena kita tidak tahu persis bahan-bahan apa yang digunakan di dalamnya. Biar lebih mudah, mulailah dengan memilih 3 resep makanan sehat yang cepat dan mudah dibuat. Syaratnya tidak mengandung lebih dari 6 bahan dan bahan-bahannya harus mudah diperoleh.

3. Membuat Rencana Makan
Makan siang dan makan malam dengan teman-teman memang menyenangkan, namun hal ini tak selalu sehat. Cobalah mulai memutuskan sendiri kapan dan apa menu makan yang akan dinikmati. Perbanyak makan salad dan kurangi makan gorengan serta daging olahan yang kaya lemak.

4. Rajin Olahraga
Sebelum tidur, persiapkan pakaian olahraga untuk keesokan harinya. Tujuannya agar ketika bangun pagi, badan seakan langsung tergerak untuk memakainya dan tidak akan kelupaan untuk berolahraga.

5. Beritahu Anggota Orang Terdekat
Salah satu tantangan besar untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat adalah godaan dari lingkungan. Sebaiknya beritahukan kepada orang terdekat mengenai resolusi dan komitmen hidup sehat agar lingkungan dapat lebih kondusif. Akan lebih baik jika orang-orang terdekat lantas terinspirasi dan menerapkan pola hidup sehat juga.

Sumber : health.detik.com

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///