Tips Menghilangkan Rasa Takut Berbicara Didepan Umum

Jumat

Apakah Anda salah satu orang yang takut berbicara di depan umum? Mungkin setelah membaca artikel ini rasa takut yang Anda miliki akan hilang dan Anda bisa langsung mempraktekannya berbicara di depan banyak orang.

Berbicara di depan umum merupakan salah salu aktivitas dalam berkomunikasi. Berbicara sering kita lakukan bahkan sejak kita masih kanak-kanak, kita pun sudah melakukan aktivitas tersebut . Namun berbicara di depan umum bagi beberapa orang merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Hal tersebut terbukti berdasarkan daftar rasa takut yang dimiliki manusia, dimana berbicara di depan umum merupakan hal yang paling ditakuti.

Memang, berbicara di depan umum bagi beberapa orang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bahkan ada yang menganggapnya sebagai momok. Buat mereka, berbicara di depan umum banyak sekali hambatan-hambatan yang menyebabkan mereka tidak berani bebicara. Misalnya munculnya perasaan gugup,tidak percaya diri ,minder,bahkan merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbicara didepan umum.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa takut pada saat berbicara di depan umum? Sebenarnya rasa takut adalah perasaan yang timbul akibat teridentifikasinya sebuah stimulus. Rasa takut tidak bisa dihindari, Namun bisa dikelola sehingga tidak memberikan dampak yang destruktif bagi orang yang memilik rasa takut tersebut.

Adapun beberapa tips untuk mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum adalah sebagai berikut. Pertama, lakukan relaksasi agar tubuh rileks ,santai, dan tidak tegang. Kedua, lakukan pengaturan pernafasaaan dengan baik, kemudian ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali saat akan tampil. Ketiga, melakukan relaksasi suara, seperti mengucapkan vocal AIUEO dan sering berlatih di depan cermin atau dihadapan kawan-kawan terdekat, agar terbentuk keberanian berbicara di depan umum.

Keempat, lakukan persiapan fisik, mental dan materi. Karena dengan memiliki fisik yang fit, mental yang kuat, memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, mampu menyiapkan materi dengan matang, dan membaca referensi yang banyak, saat berbicara di depan umum pembicaraan kita tidak monoton dan membosankan. Dengan begitu audiense akan memberikan respon yang baik kepada kita.

sumber : news.liputan6.com
diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///