Inilah Cara Pertahankan Kualitas Otak di Usia Lanjut

Selasa

Otak akan menyusut kalau tidak dipakai. Terus berpikir, berbicara, membaca, bagian dari kegiatan rutin otak yang tak boleh dihentikan. Ibarat kayu, perjalanan otak akan semakin rapuh seiring perjalanan usia. Untuk itu, diperlukan pemeliharaan sejak dini agar kualitas otak tetap terjaga.

"Semakin tua, sel-sel otak kian banyak yang runtuh. Akibatnya, kemampuan otak menurun. Seperti halnya otot, sel otak perlu dilatih dan dikaryakan. Semakin dibiarkan menganggur, otak semakin lekas gugur sel-selnya," tutur Dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya "Jurus Sehat Tanpa Ongkos".

Demi menjaga kualitas dan performa otak, banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga asupan makan dan tekanan darah.

"Banyak cara melatih otak yang sudah semakin menua. Pipa pembuluh darah yang baik akan berpengaruh pada aliran darah ke otak sehingga selalu memadai. Dengan demikian, sel otak selalu memeroleh makanan terbaiknya," ujarnya. Lebih lanjut, Handrawan memaparkan bagaimana pentingnya menjaga tekanan darah atas kesehatan otak.

"Oksigen dari udara yang diambil saat bernapas mengalir lancar ke seluruh sel otak, begitu pula zat gizi dari makanan (vitamin mineral), tekanan darah tidak berlebih, tidak pula terlalu rendah. Untuk mencukupi makanan sel otak, aliran darah ke otak harus cukup deras tanpa hambatan. Kalau jantung sehat, pompa darah ke otak akan lancar. Hati-hati bila tekanan darah terlalu rendah. Akibat obat antihipertensi yang berlebihan, tekanan darah ke otak yang anjlok membuat sel otak menjerit kekurangan makanan, dengan akibat terjadi serangan stroke," papar pria yang sudah menulis buku sejak tahun 1972 ini.

Otak terbentuk dari lemak. Sebagian omega-3 dan membutuhkan asam-amino untuk membangkitkan listrik otak. Berat otak hanya seperlima berat tubuh, namun membutuhkan seperlima total kalori tubuh.

Karenanya, agar fungsinya optimal, seseorang tidak boleh kurang atau terlambat makan, termasuk kecukupan protein dengan asam amino lengkap. Beberapa asam amino, lecithin (kedelai), DHA (decosahexaenoic acid) omega-3, powerduo bagi sel otak, selain butuh kecukupan vitamin dan mineral.

Di luar itu, ada pula beberapa hal lain yang sangat baik bagi penjagaan kualitas otak untuk Anda penuhi.

"Selain menu seimbang yang bebas dari lemak darah berlebih, rutin bergerak badan juga diperlukan untuk menyehatkan otak. Jenis senam tertentu atau yang disebut brain gym dapat melatih otak tetap bekerja. Model gerakan serba menyilang lengan dan tungkai pada kedua sisi tubuh. Termasuk jenis kegiatan brain jogging masih giat mengisi teka-teki, bermain catur, berdiskusi, menulis, dan membaca," tutupnya

Sumber : health.okezone.com
Diposting kembali Supermap Mindmap Learning Center

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///