Manfaat Mind Mapping untuk Bisnis, Bagian 4

Kamis

Oleh: Drs. Susanto Edy P., BLI
Buzan Licensed Instructor, Supermap Master Trainer

Sukses dengan Mind Mapping

Melihat perjalanan sukses dari Pimpinan Negara atau CEO perusahaan perusahaan Dunia, mereka menyadari bahwa mereka memiliki beberapa faktor kesamaan dalam pencapaian sukses. Sukses dapat dikategorikan dalam kontek strategis, taktis, inisiatif dan inovatif, termasuk di dalamnya sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, efektif dan produktif.

Melihat keberhasilan dari orang-orang terkemuka, bahwa kita dan staff kita harus mempunyai tool atau alat yang efektif untuk menuju sukses. Alat ini akan membimbing kita kearah yang lebih terstruktur, efesien dan berdayaguna. Coba bayangkan Bagaimana bisa kita untuk mencapainya dengan optimal tanpa tool yang baik yang dapat membantu efektif?
Tren yang jelas sekali terlihat di seluruh dunia adalah ...
1. Kecepatan kita dan staff dalam bekerja adalah penting - teknologi maju mengharuskan kita seorang melakukan pekerjaan dua sampai tiga orang dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu ...
2. Tuntutan kepada SDM untuk melakukan peningkatan, berarti kita perlu tahu lebih banyak dan berbuat lebih banyak - dalam waktu yang lebih sedikit dengan hasil yang optimal…
3. Ini tidak cukup hanya semata mata melakukan tugas pekerjaan kita, tetapi juga untuk memajukan karir kita dan staff - dengan menjadi lebih kreatif, efektif dan produktif ...
4. Agar efektif dalam peran pimpinan, kita perlu meningkatkan pengetahuan tentang bidang terkait dan trend dengan belajar dan mengkonsumsi informasi lebih dari yang biasa untuk dapat dengan mudah mencerna.

Hal ini dapat menimbulkan ketimpangan bahkan stres, dan kita memerlukan tool atau alat yang dapat membantu kita mengatasi dan memperlancar target diatas. Mind Map adalah salah satu tool yang sangat efektif dan efesien untuk hal tersebut.

Inilah Mind Map® sebuah solusi untuk membantu Anda melakukan hal-hal lebih cepat dan lebih mudah, menyalakan kemampuan Anda berpikir dan meningkatkan kinerja Anda serta staff anda.

Mind Map adalah representasi visual dari pikiran kita. Ini adalah cara ringkas menempatkan semuanya dalam satu lembar kertas yang membuatnya begitu mudah untuk dimengerti. Peta Pikiran/Mind mapping adalah kunci yang membuka otak kita, memanfaatkan berbagai keterampilan kortikal kita, memungkinkan kita untuk menjelajahi ruang tersembunyi dari pikiran kita.

Mind Mapping / Peta Pikiran adalah benar-benar merupakan alat berpikir yang sangat fleksibel dan efektif, dengan signifikansi strategis dan taktis dalam menuju kesuksesan perusahaan, karir dan bisnis anda!

Mind Maps dapat disimpulkan sebagai ‘tool’ efektif alat yang dapat :
1.Meningkatkan kinerja di tempat kerja
2.Meningkatkan kreativitas dan produktifitas
3.Membantu Anda menjadi lebih efektif “smart” dalam mengelola diri sendiri maupun dalam memimpin staff
4.Sangat membantu dalam planning, project, meeting dan lain sebagainya

Siapa pengguna Peta Pikiran (Mind Maps)
Mind Map, Peta Pikiran digunakan oleh banyak Eksekutif dan Fortune 500 perusahaan di seluruh dunia untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, Dr Ken Blanchard (penulis The One Minute Manager), Dr. Steinly (Boeing), Bill Gate (Microsoft), Con Edison (pemasok gas dan listrik di New York) adalah beberapa contoh orang penting dunia yang menggunakan Mind Mapping.

Rekomendasi untuk siapa Mind Map ini :
Pejabat, Eksekutif, Profesional, CEO, Direksi, Manajer, Trainer dan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan kreativitas mereka, meningkatkan kinerja mereka, memimpin tim lebih efektif dan mengelola waktu mereka dengan lebih baik.

Demikian beberapa manfaat Mind Map untuk kepentingan Bisnis dan Profesional. Untuk dapat mempergunakan Mind Mapping secara benar dan ahli tentu anda disarankan untuk mengikuti Pelatihan Mind Map. Sehingga banyak hal yang didapat selain kalau hanya membaca sebuah buku.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan Penulis akan membahas manfaat Mind Map untuk dunia Edukasi ditulisan mendatang. Tetapi Yang lebih penting adalah ‘BUKAN SEKEDAR TAHU… TAPI HARUS AHLI DAN YANG LEBIH PENTING… ACTION! ACTION! ACTION!’

Sumber Tulisan: Mind Map Handbook – Tony Buzan, Modul Mind Map - Susanto Edy P., www.thinkbuzan.com , www.supermap.asia, www.geniusmap.com dan dari berbagai sumber lainnya.

Untuk INFO PELATIHAN silahkan hubungi
Supermap Mind Map Learning Center
Email: mindmapcenter@ymail.com , tlp. 021 5388563
Web: www.supermap.asia

0 comments:

Mind Map selangkah Jadi JUARA!

Mind Map selangkah Jadi JUARA!
Mind Map, Memory, Speed Reading, Teknik Ujian, English Five Fingers
 
 
 

iMindMap

iMindMap Free

Sponsor

http://belanjabareng.com/ MAU BELANJA TONER MURAH DAN BERMUTU? DISIINI TEMPATNYA! BERGARANSI///